Jumat, 07 November 2014

FANNY SALMA @fannyslma [RFM PURWODADI]



Tittle    : Untitled
Author : Fanny Salma (@fannyslma – RFM Purwodadi)

RIO’s POV
            Nama gue Leonardo De Kaprio. Apa? Kalian pernah denger nama yang mirip kayak nama gue? Berarti kalian sudah tua. Panggil aja gue Mastin, ups ralat. Maksud gue Rio. Ya, R-I-O. Mastin itu panggilan dari temen-temen gue karena gue selalu bawa kabar gembira.
            Umur gue 18 tahun lebih 6 bulan dan 22 hari, terlalu muda untuk murid SMA kelas XII ehm, maksud gue terlalu dewasa. Gue hobi main, main cewek terutama. Hampir semua cewek udah gue taklukin pakai jurus seribu bayangan. Mulai yang body-nya penuh branded sampai yang mirip amplas. Tapi, cuma satu cewek yang selama ini nggak terpesona sama gue. Namanya Ify. Parahnya, doi sekelas sama gue dari kelas X sampai saat ini. Makanya gue nggak pernah percaya sama ucapan “cinta yang datang karena terbiasa”.
            Kalau ditanya gimana bentuknya si Ify, gue bisa dengan mudah memaparkan. Tinggi, kurus, rambut panjang, kulit putih bersih, pakai kacamata—bukan kacamata kuda—dan biasa aja. Sempet gue mikir kalau kacamatanya ketebelan, makanya nggak bisa ngelihat betapa gantengnya gue tapi ternyata dia cuma pakai kacamata minus 0,75 yang sebenernya nggak ngaruh apa-apa kalau nggak pake kacamata.
            Yang bikin gue penasaran, dia selalu senewen setiap deket-deket sama gue. Meski begitu, dia perhatian coy! Buktinya dia kasih nama panggilan khusus buat gue. Amoeba. Iya, hewan kecil sekali yang nggak bisa kita lihat pakai mata telanjang dan ketika kita bisa ngelihat, ternyata bentuknya menjijikkan. Jangan tanya betapa senengnya gue. Sueerrr! Gue seneng banget. Bukan berarti gue suka disamain sama amoeba, tapi karna gue pernah baca tulisan di google kalau seseorang yang punya panggilan khusus buat elo itu tandanya elo spesial di mata dia. Jadi, gue spesial di mata Ify kan? Heheee.
Kayak pagi ini, si Ify yang emang paling rajin berangkat ke sekolah udah nangkring di depan pintu kelas ngawasin anak-anak yang lagi piket. Anak ini emang suka banget melihat penderitaan orang ketika lagi piket.
“Woiii! Gatotkaca! Iki durung resik kowe ngerti opo ora?! (Woiii! Gatotkaca! Ini belum bersih kamu tahu apa enggak?!)”
Oh iya satu lagi, meskipun Ify tadi bicara pake bahasa jawa, sebenernya dia nggak bukan keturunan orang jawa—kalau pulau jawa sih iya. Gara-gara sering gaul sama Fanny, bocah itu ketularan pakai bahasa jawa, untung suaranya nggak toa kayak Fanny. Lah omong-omong, gue sama Ify asli Jakarta tapi harus pindah ke Purwodadi dengan alasan berbeda.
Bokap gue TNI, jadi maklum kalo suka pindah tugas. Kalo Ify, dia pindah karna permintaan terakhir kakeknya. Sumpah gue nggak tahu kenapa kakeknya punya permintaan terakhir seabsurd ini. Mungkin karna tahu kalo cucunya bakal berjodoh sama manusia paling ganteng—manusia ya, bukan serigala—yaitu gue.
By the way pada tahu Purwodadi nggak? Kalo di peta gue yakin kalian nggak akan nemu, kalo di atlas pokoknya di bagian Jawa Tengah dan tulisannya paling kecil. Kalau di globe, sumpah gue belum nemu. Nggak ada maksud terselubung gue ngatain Purwodadi ini pelosok loh. Soalnya gue sendiri kagum waktu pertama kali ke sini. Anak-anaknya pada pake bahasa indonesia coy! Meskipun pake aku-kamu tapi gue bersyukur lah, setidaknya gue lebih paham bahasa indonesia daripada bahasa asli mereka.
“Minggir, Yo! Aku lagi nyapu iki lho (Aku baru nyapu ini lho),” celetuk Fanny. Cewek di kelas gue sekaligus temen deketnya si Ify. Kuping gue rasanya... pengang. Toa banget ini anak.
“Gue tahu kali kalo lo lagi nyapu,” balas gue sewot.
“Halah ngomong opo kowe. Hus! Hus! (Halah bicara apa kamu. Hus! Hus!)”
Disaat gue debat sama si toa ini, Ify cuma diem seolah nggak denger dan nggak lihat apa-apa. Memang menyebalkan. Gegara gelar amoeba, gue yang ganteng ini jadi nggak kelihatan. Dunia memang mengesankan.
“Budek kowe? Minggir mas! Minggir! (Tuli kamu? Minggir kak! Minggir!)”
“IYEEE!!!” balas gue toa banget seraya minggat.
Lagian gue nggak mau berakhir di rumah sakit gara-gara telinga rusak. Amit-amit sebelas turunan.
Tapi, sebelum benar-benar minggat, gue sempetin ngelirik si Ify dan dia juga nggak sengaja ngelihat gue. Buru-buru gue kedipin mata sebelum dia ngalihin pandangan.
“Hai babe.”
***
IFY’s POV
Pagi yang menyenangkan itu waktu lo bisa ngelihat penderitaan teman-teman lo yang piket. Sebagai ketua kelas, selain terbebas dari jadwal piket, gue juga bebas nyuruh-nyuruh anak yang piket. Ya gue manfaatin dong! Lagian ketua kelas itu tugasnya susah loh. Tanggung jawabnya gede!
Langkah pertama, modus. Gue nyuruh cowok-cowok angkatin kursi terus nyuruh yang cewek nyapu. Tanpa menghilangkan kewibawaan gue, anak cewek yang biasa handal nyapu gue suruh nyapu bagian pojok, tempat duduk gue maksudnya. Hehe.
Sambil ngawasin mereka, gue duduk di depan kelas. Sayangnya kebahagiaan gue surut waktu ngelihat sesosok amoeba yang jalan ke kelas. Okay, berhubung namanya aja amoeba, gue nggak perlu tahu keberadaannya. Eits! Amoeba ini punya kaki, tangan, kepala, semuanya dan bisa jalan. Hm, gue nyerah deh. Namanya Rio. Idolanya para cewek. Maklum, orang mah lihat yang bening langsung suka, apalagi Rio termasuk golongan orang kece di SMA ini. Nilai plus lagi, dia anak ex-metropolitan (sama kayak gue) disaat kebanyakan anak di sini ndeso-ndeso.
Jujur aja, dia cakep. Okay cewek cupu di kelas gue aja ngakuin kalo dia cakep, apalagi gue kan? Sayang gue nggak minat naksir sama playboy macam Rio. Iya, iya kita emang nggak boleh judge orang sembarangan. Tapi gue punya masa lalu jelek soal playboy. Sebelum pindah di kota tercinta yang akhirnya berujung pada bahasa acakadut gue, gue pernah pacaran sama cowok yang reputasinya sebagai playboy. Mirip Rio gini. Awalnya memang gue percaya dia bakalan berubah, tahunya sama aja! Nyeseeekkk!
Bukan berarti gue ngelihat doi pacaran sama cewek lain di depan mata gue. Jadi waktu itu kita sempet LDR-an, gue di sini dia di sana (iyalah!) dan emang bener kalo singkatan LDR itu “Lama-lama Di Rebut (temen)”. Ya, nggak perlu diterusin lagi. Gue mulai lelah.
“Halah ngomong opo kowe. Hus! Hus! (Halah bicara apa kamu. Hus! Hus!)”
Suara toa Fanny sampai ke telinga gue. Anak bebal itu berhasil mendepak makhluk amoeba. Si Rio pergi pakai wajah sebel dan nggak sengaja kita... pandang-pandangan.
“Hai babe.”
Anjir! Makhluk astral kurang ajar! Seandainya dia bukan amoeba, udah gue sate. Beraninya kedipin mata sambil manggil gue babe. Meski bukan pertama kalinya dia norak begitu, harus gue akui kalo semua tingkahnya kadang gue kangenin. Halah! Kan kan... gue berasa jadi anak alay facebook.
“Fy, aku wis nyapu ya. Tugasku wis bar pokok e. (Fy, aku sudah nyapu ya. Tugasku sudah selesai pokoknya)”
Gue sempet kejengkang gara-gara kaget. Kapan ni bocah dateng?
“Iya dah, sak karepmu. (Iya dah. Sesukamu)”
“Kowe lapo sih? Galau?” balas Fanny.
Kan kan... sok tau. Tapi....
“Halah! Kondo wae kowe seneng mbi Rio,” celetuk Fanny. Buru-buru gue bekep mulutnya. Sayang banget, si Rio denger. Selain karena Fanny emang toa, dia juga keburu nyelesaiin kalimatnya.
Aseeemmm! Rio senyum-senyum ke gue....
Huaaa!
“Ikut gue lo!!!”
Nggak peduli lagi si Fanny udah pingin kabur. Mungkin dia baru nyadar kalo suaranya ngalahin toa yang ada di TU sekolah dan parahnya si objek yang dibicarin ngedenger secara live!
Gue ngebawa Fanny ke tempat yang sepi. Smansa waterfall. Omong-omong, jangan bayangin tempat ini beneran ada ‘waterfall’-nya karna ini cuma tampungan air yang muncrat ke mana-mana dan akhirnya gue sama si Fanny nyebut ‘waterfall’. Okay, harus gue akui nggak ada yang menarik di sekolah ini kecuali ke-freak-an orang-orangnya. Fanny misalnya.
“Sakit peaaa!” dengus Fanny.
Sabodo teuing lah.
“Ya elo asal cap cip cup aja. Dia denger pea! Dan parahnya dia udah ke taraf kegeeran! Mateng lah gue. Kalau ketahuan kalo gue... huaaa! Jangan lah. Gue udah berusaha move on mati-matian tauuu!” cerocos gue.
Ehm, jadi sekarang gue harus merendahkan diri di hadapan kalian yang sedang baca ini. Iya gue move on mati-matian dari Rio. Bukan sekedar naksir. Iya, gue ngaku. Dan dengan gelarnya sebagai ‘amoeba’, itu juga salah satu usaha move on versi gue. Move on versi Ify Cantik.
“Kowe ngomong opo pidato? (Kamu ngomong apa pidato?)”
Nah kan kamfret.
“SERAAAHHH! AH GUE KESEL SAMA LOOO!”
Geregetan juga lama-lama ngomong sama satu bocah ini.
“Pelan bisa kali, budek tau.”
“Hah?”
Ng... itu suara... suara Rio....
“Kok lo di sini sih? Sejak kapan? Lo nguntit ya? Dasar nggak sopan!” cerca gue—tanpa sadar.
“Waahhh akhirnya gue dianggep. Heheee,” balas Rio.
“Heh!”
“Hehe, maaf deh. Tapi... jangan move on dari gue ya.”
Glek. Ini ludah kok tiba-tiba bentuknya kayak koral? Entah, gue nggak ngerti apa lidah gue yang salah apa emang tenggorokan gue jadi sempit. Tadi amoeba bilang apa? Jangan move on dari dia? Jadi... dia udah di sini sejak pertama kali gue napakin kaki? Sialll.
“Fan, pergi dong. Gue mau bicara sama temen lo nih,” kata Rio ke Fanny.
“Emooohhh!”
Tiba-tiba amoeba ngeluarin sesuatu.
“Fan... gue jajanin ya. Lima puluh reb—“
“Okeee! Bye semuaaa. Mwahhh!”
Belum sempet amoeba nyelesein kalimatnya, si Fanny udah ngerebut duit lima puluh ribu dan nyelonong gitu aja. Dasar nggak setia kawan!
“Nah, Ify...”
“Apa? Gue mau balik ke kelas!” potong gue seenaknya.
“Fy, kita perlu ngomong. Berdua. Dari hati ke hati,” desak Rio.
“Kalau ini masalah apa yang lo dengar tadi, semuanya udah nggak sama. Gue emang...”
“Gue emang pernah punya perasaan lebih buat elo. Tapi, tapi sepertinya gue emang udah move on kok. Ya, gue udah nggak punya perasaan apa-apa ke elo. Jadi lo nggak perlu memperpanjang. Kita kembali seperti semula. Lo dengan hidup lo, gue dengan hidup gue, termasuk—“
“IFY!” potong Rio dengan nada meninggi.
“Apa?” balas gue yang sebenernya—susah dijelaskan.
Please. Jangan bilang seolah kita nggak akan pernah bisa deket. Gue bahkan nggak tahu salah gue apa,” katanya pelan.
***
AUTHOR’s POV
Aku yakin diantara kita
Masih ada cinta yang membara
Please. Jangan bilang seolah kita nggak akan pernah bisa deket. Gue bahkan nggak tahu salah gue apa,” kata Rio pelan.
“Emang harusnya begitu,” cetus Ify.
Rio menatap Ify dalam. “Lo pasti masih cinta kan sama gue? Iya kan?”
Ify memalingkan wajahnya sambil menggigit bibir bagian bawah.
Bagaimana caranya oh kasihku
Kuingin juga kau mengerti
Bagaimana caranya
“Gue... harus pergi,” ujar Ify.
“Fy...”
“Yo—“
“Gue cinta sama elo,” potong Rio membuat Ify terbelalak lebar.
“Gue. Cinta. Elo.”
Haruskah kuteteskan air mata di pipi
Haruskah kucurahkan segala isi di hati
Oh haruskah kau ku peluk dan tak ku lepas lagi
Agar tiada pernah ada kata berpisah
*END*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar