Jumat, 07 November 2014

IRMA MEIDA S PAPADAK @irmaaa_mei [RFM SEMARANG]



Aku Pasti Kembali

Cast           : Raifina Stasya Papadak as Ify
                     Satrio Aji Dimas Wicaksana as Rio
                     Anin, Nindy, Dina, etc.

                   Sore itu terlihat seorang gadis manis berdagu tirus sedang terbaring diatas tempat tidurnya. Sepasang earphone terpasang dikedua telinganya. Lagu Dealova milik Once Mekhel mengalun merdu dari iPod pinknya. Gadis itu - Raifina Stasya Papadak atau lebih sering dipanggil Ify – menghela nafas panjang dan beranjak pergi meninggalkan aktivitasnya tadi yang ternyata sedang menghafal rumus-rumus Fisika. Kemudian dengan langkah gontai gadis itu mengambil laptopnya dan memulai untuk berselancar di dunia maya. Ketika sedang mengunjungi situs kumpulan puisi favoritnya, pandangannya langsung tertuju pada salah satu tema puisi. Gadis itu tersentak ketika menyadari bahwa yang menarik perhatiannya tadi adalah sebuah puisi bertemakan perpisahan. Dia teringat perkataan Eyang Kakungnya tadi malam.
                   Tadi malam Eyang Kakungnya berkata bahwa mereka harus segera pindah ke Jepang untuk menyusul kedua orang tuanya dan juga Eyang Putrinya atau lebih sering dia sebut Uti. Kakung berkata beliau mendapat kabar dari Ayah bahwa kondisi Uti semakin memburuk. Sehingga Ayah meminta Ify dan Kakungnya untuk segera menyusul ke Jepang. Dengan begitu otomatis Ify juga harus melanjutkan kuliahnya diasana dan meninggalkan semua temannya disini L .
                   Jadi selama hampir 3 tahun ini Ify tinggal bersama Eyang Kakungnya di Semarang. Dulu dia tinggal di Bandung bersama kedua orang tuanya. Kemudian saat pertengahan semester kelas X  kedua orang tuanya memutuskan untuk pindah ke Jepang. Selain untuk mengurus perusahaan, mereka juga membawa Uti yang sudah lama mengidap Stroke akut untuk berobat disana. Awalnya mereka menginginkan Ify ikut ke Jepang tetapi Ify menolak, dia lebih memilih tinggal bersama Eyang Kakungnya di Semarang dan melanjukan sekolah disana.
Mengenai rencana pindah dadakan itu Ify belum memberitahukan hal tersebut kepada siapapun, bahkan sahabat kentalnya, yang bernama lengkap Satrio Aji Dimas Wicaksana atau sering dipanggil Rio juga belum tahu. Ify takut Rio akan sedih jika dia mengutarakan keinginan Eyang Kakungnya  untuk pindah dadakan itu.

*********************
*IFY POV*
                   “Gimana caranya bilang ke Rio ya?” gumam Ify lirih sambil memandangi foto berbingkai Stich biru yang terletak diatas meja kecil disamping tempat tidurnya.
Difoto itu terihat seorang laki-laki tersenyum manis kearah kamera sambil merangkul pundak seorang gadis yang juga tersenyum riang. Padang ilalang yang luas dan juga langit biru jernih serta telaga warna-warni menjadi background dari foto tersebut. Indah bukan? Tentu saja. Foto itu diambil saat kita – Rio dan Ify sama-sama sedang mengikuti kegiatan ekskul Pencinta Alam yaitu mendaki gunung Prau. Tahu Gunung Prau kan? Gunung Prau loh ya bukan Tangkuban Perahu. Kalo Tangkuban Perahu kan adanya di Jawa Barat. Nah Gunung Prau ini letaknya di daerah dataran tinggi Dieng yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal , salah satu kota kecil yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Meskipun nggak sefamous Tangkuban Perahu, tapi jangan salah pemandangan di puncak gunung Prau ini nggak kalah indahnya kok. Kalau kita ngedaki menjelang musim kemarau, bunga Daisy yang tumbuh di sepanjang jalan mulai bermekaran, padang rerumputan yang tadinya berwarna hijau berubah menjadi lautan bunga. Dari puncak Prau ini kita bisa melihat padang ilalang yang luasnya kebangetan, ribuan edelweis tumbuh subur disekeliling kita. Ah ini bisa dijadikan cara untuk memanjakan mata kita guys. Di puncak gunung ini kita juga bisa lihat Telaga Warna yang berasal dari Dieng, kalau dilihat dari atas sini amazing mament, air dari telaga itu bisa berubah-ubah kadang berwana hijau dan kuning, kadang merah atau bahkan bisa berwarna-warni sekaligus mirip pelangi. Kalau yang ngedaki gunung Prau nggak sampe puncak itu kurang afdol, dijamin nyesek-sek-sek-sek!!
                   Eits ngomong-ngomong soal Dieng di sana juga ada festival tahunan gitu namanya Dieng Culture Festival. Nah bicara soal Dieng Culture Festival acara itu baru aja terselenggara sekitar bulan Agustus lalu. Dan nggak mau ketinggalan nih gue sama sohib gue Rio juga dateng ke acara itu. Awalnya sih gue nggak mau diajak kesana. Selain karena jauh gue juga lagi bokek ternyata x_x . Tapi atas bujukan si Rio yang katanya ada pesta lampion disana sih gue jadi mau. Haha maklum gue kan orang baru di Semarang, jadi belum begitu ngerti tentang acara-acara tahunan disini. Wiihhh ternyata beneran loh di DCF  itu ada pesta lampionnya. Awawaw romantic bingo. Bayangin nih malam-malam di puncak kan suasananya sejuk-sejuk dingin gitu terus ada ribuan lampion yang beterbangan memanjakan mata kita. Awesome bangett kan? Indahnya nggak usah ditanya karena emang indah banget. Yang mau pacaran disana wkwk recommended  banget nih tempat. Eh yang mau dateng bareng sohibnya kayak gue sama Rio juga nggakpapa ding, hehe. Acara ini terbuka untuk siapa aja kok, tiketnya juga nggak mahal-mahal amit. Jadi buat yang penasaran sama itu acara ayook taun depan dateng ya bareng siapa aja your keluarga, your pacar, atau temen-temenmu, yang jombs dateng sendiri nggakpapa kali hihi. Biar nggak penasaran dan nggak mati penasaran. Gue cuman sharing aja nih ke kalian biar kalian juga bisa ngeliat gimana indahnya, soalnya kan taun depan gue udah nggak bisa dateng ke itu acara lagi, secara gue udah di Jepang -_- hiks.
                   Nah balik lagi ke foto yang diatas tuh. Sebenernya foto itu foto yang paling kagak mungkin gue lupain. Secara gue dapetinnya butuh perjuangan banget. Bayangin aja gue harus dibentak-bentak senior yang seangkatan sama gue dulu baru boleh foto sama si Rio. Aslinya gue juga ogah foto bareng Rio. Ya tapi gimana ya itu syarat mutlak yang nggak bisa diganggu gugat sih. Kalau gue nggak bisa foto bareng Rio, maka gue nggak berhak jadi bagian dari MASSEAPAL, alias perjuangan gue gugur ditengah jalan -.- Masa iya udah capek-capek naik gunung eh nggak lolos jadi anggotanya? Kenapa gitu ya karena emang gitu. *plak nggak ding hehe. Jadi si Rio itu ketua umum MASSEAPAL ( itu nama ekskul PA di sekolah gue). Nah berhubung gue anggota baru – gue kan baru masuk kls X semester genap – jadi gue dikerjain dulu sama senior-senior yang kebanyakan temen gue sendiri. Gue disuruh ngapalin kode etik, dan nyanyi mars PA mana suara gue sumbang -.- bayangin aja dibangunin jam 3 pagi cuman dibentak-bentak abis itu disuruh nyanyi terus disuruh nulis macam wasiat atau pesan terakhir gitu buat orang tua beserta tanda tangan, emhh gue udah deg-deg ser disitu. Gimana nggak deg-degan dibelakang gue itu ada sungai yang arusnya deres bangettttt. Disamping gue ada kayak kamar mandi gitu tapi cuman biliknya aja, soalnya dibawahnya uda langsung sungai. Nah gue disuruh masuk kesitu -.- oemji gue udah pengen nangis banget disitu tapi gue tahan. Soalnya ada Rio disitu, tengsin dong. Hehe. Akhirnya dengan keberanian yang tinggal seujung kuku gue masuk, untungnya lagi satu bilik dipake untuk dua anak. Gue masuk bareng Anin temen sekolah gue tapi beda kelas, dia juga ikut diklat susulan kayak gue. Gue sama Anin gandengan tuh udah kayak pacaran aja, gue lirik si Rio cuman mesem-mesem nggak jelas. Anjir awas aja tuh si Rio gue bales ntar kalo udah selesai prosesi. Ternyata disitu gue disuruh diem, jongkok kayak orang pea sambil disuruh nyanyi Mars PA lagi. Itu gue diem disitu sambil direndem air sungai yang dinginnya amit-amit. kebayang nggak sih? Direndem air sungai pegunungan jam 3 pagi :’( . Setelah hampir 7 menit ada yang gedor-gedor pintunya, nyuruh keluar. Gue sama Anin pandang-pandangan, takut dikerjain lebih parah lagi. Setelah itu dengan amat-sangat terpaksa gue sama Anin keluar dari bilik itu. And you know what? Sampe luar gue sama Anin di siram lagi pake kembang 7 rupa yang nggak tau dapet dari mana. Dan dengan tengilnya si Rio bilang “Selamat bergabung di MASSEAPAL, wkwk sumpah raimu lucu banget Fy. Apa maneh pas meh nangis mau. Haha ohyo nama rimbamu CEKEN yo, alias Cewek Kentir. Huahahah” ( Slamat bergabung di MASSEAPAL, wkwk sumpah muka lo lucu banget Fy. Apalagi pas mau nangis tadi. Haha ohiya nama rimba lo CEKEN ya, alias Cewek Kentir = cewek sarap). Anjir kan meskipun gue nggak gitu ngerti bahasa Jawa tapi ya gue taulah apa yang diomongin si Rio tadi, enak aja gue dikatain cewek sarap, orang dia yang sarap juga -.- .
Lagi asik-asiknya ngeflashback waktu Diklat tiba-tiba gue ngerasa HP gue geter.
“Ck sapa ki ngganggu wong seneng wae.” (ck, siapa nih ganggu orang seneng aja)

*IFY POV end*

*********************

                   “Ck sapa ki ngganggu wong seneng wae.” (ck, siapa nih ganggu orang seneng aja) gerutu Ify sambil memeriksa hapenya. Ternyata ada satu pesan dari si tengil Rio, kemudian dibukanya pesan tersebut.

From : Rio Tengil
Ipoooooong.. sesuk langsung ning omah-omahan ya. Wkwk
( Ipoooong.. besok langsung ke rumah pohon ya. Wkwk)

Kemudian Ify buru-buru membalas pesan dari Rio

To : Rio Tengil
WEGAHHHHHH!!! Hahahah
Iyo-iyooo. Tapi sesok aku rada telat ya Yo. Hehe .
Wes ah aku meh turu. Sugeng Ndalu Rio :p
( OGAHHHHHH!!! Hahaha
Iya-iya.. tapi besok gue agak telat ya Yo. Hehe.
Udah ah gue mau tidur. Selamat malam Rio)

Setelah membalas pesan tersebut Ify langsung narik selimut dan tidur. Karena besok dia harus berjuang melawan Fisika wkwk.

********************
                   SMA SEMESTA masih sepi saat Ify  tiba di halaman sekolah itu. Padahal jam tangan stich berwarna baby blue ditangan Ify telah menunjukkan pukul 06.50. Memang sih kebanyakan siswa-siswi di sekolah ini malas untuk masuk kelas sebelum bel masuk berbunyi. Mereka memilh nongkrong di kantin terlebih dahulu atau yang siswa lebih memilih langsung bermain basket ataupun futsal.
Tanpa meletakkan tasnya terlebih dahulu Ify langsung pergi ke taman yang terletak di belakang sekolah.
                   Sebuah pohon sengon besar berdiri tegap di taman itu. Diatas pohon terdapat sebuah rumah pohon yang sangat kokoh dan unik. Banyak dari warga sekolah yang mengatakan bahwa pohon itu angker. Tapi tidak bagi Ify. Bagi Ify pohon itu sangatlah nyaman, pohon itu selalu memberi kedamaian baginya karena jauh dari keramaian. Dan disanalah Ify sering menghabiskan waktu bersama Rio, sahabatnya.
Begitu sampai didepan pohon itu, Ify langsung meraih tangga tali yang terjuntai dan dengan lincahnya Ify langsung memanjat keatas. Sesampainya diatas Ify mendapati seorang cowok yang sedang duduk membelakanginya. Tangan cowok itu tergerak-gerak diatas kertas putih besar. Sketsa wajah seorang gadis yang sangat mirip dengan wajah Ify tergambar jelas disana. Sebenarnya gambar tersebut nyaris sempurna, jika saja ide jahil Ify tidak keluar. Sayangnya ide jahil itu muncul disaat yang tidak tepat (?). Tanpa berpikir panjang Ify berjalan mengendap-endap hingga berdiri di belakang sahabatnya yang masih focus dengan kertas putih besarnya itu.
                   “RIOOOOOOO!!!” Teriak Ify keras, mengagetkan Rio yang sedang asik menggambar. Karena kaget tanpa sengaja Rio moncoret gambarnya sendiri dan meninggalkan sebuah garis panjang yang merusak gambar nyaris sempurna itu.

“Arrgggghhhhh Ipoooooong! Lo tuh ya. Ihhhh nyebelin banget sih lo. “  Rio mendengus kasar.

“Ck, kowe ki yo asli kaya setan tenan kok Fy. Teka dhewe lunga dhewe. Apa kuwi nek ora syaiton jenenge, hemm?” (Ck, lo tuh asli kaya setan beneran kok Fy. Dateng sendiri pergi sendiri. Apa itu namanya kalau bukan syaiton, hemm?)” Sambung Rio marah.
Rio berniat untuk melanjutkan gambarnya yang tadi hampir jadi, tapi saat melihat cacat besar pada gambarnya Rio hanya bisa menghela nafas panjang. IPONG – itulah nama panggilan Rio kepada Ify, yang emang orangnya nggak bisa diem atau sangat-sangat hyperaktif kayak bola pingpong :-p
                   Ify kemudian duduk disamping Rio sambil berusaha menghentikan sisa tawanya.
“Sorry, sorry. Lha salahe aku teka malah enak-enakan nggambar. Nganti aku ngadeg ning mburimu ya isih ora nyadar tha?” ( Sorry, sorry. Loh salah sendiri gue dateng malah enak-enakan gambar. Sampe gue berdiri dibelakang lo, lo masih nggak nyadar kan?).
Rio hanya memutar bola matanya kesal dan kembali focus memperbaiki gambarnya yang rusak. Sejenak terjadi keheningan diantara mereka. Selang beberapa menit Ify mulai membuka suaranya.

“Emmm, Yo. Aku arep ngomong. Penting, serius, ora ngapusi!” (Emmm, Yo. Gue mau ngomong. Penting, serius, nggak bohong!).

“Ck, lha apa kowe tau serius?” (Ck, emang lo pernah serius?). Sindir Rio yang rupanya masih jengkel.

Tapi Rio langsung terdiam ketika melihat Ify hanya diam dan menundukkan kepala. Bersahabat dengan Ify hampir 3 tahun membuat Rio hafal dengan ekspresi wajah Ify yang satu itu.
Hening kembali menyelimuti mereka berdua selama beberapa menit sampai akhirnya Ify kembali bersuara.
“ Tadi malem Kakung ngomong sesuatu sama gue. Dia dapet kabar dari Ayah mengenai kondisi Uti yang semakin memburuk. Untuk itu Ayah minta gue sama Kakung nyusul ke Jepang secepatnya. Dan Kakung udah mutusin kita berangkat ke Jepang setelah gue selesai UTS. Itu artinya 3 hari lagi.” Akhirnya beban berat yang selama 2 hari ini membuat tidurnya tak nyenyak  sedikit berkurang.
Tapi beban yang lebih berat kembali Ify dapat ketika dirinya melihat Rio yang tengah menatapnya tajam dan penuh kekecewaan. Ify sangat tidak suka dengan ekspresi wajah Rio yang seperti itu. Kemudian Ify memalingkan wajahnya dan menatap kosong ke langit yang lama-kelamaan semakin mendung seperti hati Ify yang sedang sedih.
                   Suara Rio membuat Ify tersentak dan menyudahi lamunan singkatnya tadi. Ify menoleh, dia tahu Rio baru saja mengatakan sesuatu padanya. Tapi karena tadi Ify sibuk melamun, alhasil dia tidak mendengar apa yang Rio katakana.
“Ngomong apa mau?” (Ngomong apa tadi?)
“Nangopo lagi ngomong saiki?” (Kenapa baru bilang sekarang?). Rio mengulangi pertanyaannya lagi sembari terus menatap Ify tepat di manic matanya. Hal itu membuat Ify terlihat sangat gelisah.
Bel berdering dari kejauhan, Rio tak mempedulikannya. Dia masih menunggu jawaban Ify. Tapi toh Ify tak bisa menjawab. Gadis itu hanya bisa diam dan menundukkan kepalanya semakin dalam. Berbagai alasan yang dipikirkannya tak cukup meyakinkan untuk Rio. Terlalu lama menunggu akhirnya Rio beranjak sambil membawa alat gambarnya dan meninggalkan Ify sendiri yang masih menatapnya denan perasaan bersalah.

*********************

*Satu hari sebelum UTS Selesai, pukul 16:10 di rumah pohon.*
                   Ify berjalan pelan menyusuri koridor sekolahnya yang sepi menuju taman belakang. Rumahnya memang dekat dengan sekolah, jadi dia tidak perlu khawatir apabila Kakungnya mencari.
Dengan langkah gontai Ify mulai memanjat tangga tali rumah pohon itu. Ify sedikit kecewa ketika melihat Rio tak ada disana. Setelah Ify mengutarakan maksud kepindahannya kepada Rio, Rio memang terlihat menjauh dan menghindarinya.
Dan yang Ify takuti selama ini akhirnya terjadi. Ify tak suka, bahkan sangat benci dengan situasi yang seperti ini.
                   Dihari-hari terakhirnya di Semarang, Ify sangat berharap Rio selalu menemaninya dan dia ingin selalu menghabiskan waktunya yang sangat terbatas itu bersama Rio. Bukan malah saling berjauhan seperti ini. Biasanya tiap sore pulang sekolah Ify dan Rio nongkrong di rumah pohon untuk sekedar saling bertukar cerita sambil memandangi sunset yang sangat fantastis.
“Kenapa jadi begini?” Batin Ify miris.
Ify mulai meneteskan air mata ketika teringat semua kenangannya bersama Rio. Isakannya terdengar semakin keras dan sangat pilu. Dia jatuh terduduk kemudian memeluk lututnya  untuk  menyembunyikan wajah yang sudah dibanjiri oleh air mata itu.
                   Seseorang tiba-tiba saja memeluknya dari belakang. Membuat Ify kaget. Tetapi beberapa detik kemudian dia kembali rileks. Bau itu adalah bau khas tubuh Rio. Dan pelukan itu adalah pelukan hangat nan lembut milik seorang Satrio Dimas, sahabatnya yang selalu dapat menenangkan hati Ify. Ify terdiam sejenak, lalu membalas pelukan Rio lebih erat lagi. Dan tangisannya pecah lagi malah semakin kencang.
“Lhoo? Kok tambah seru nangise. Wis toh, cup-cup.” (Lohh? Kok malah tambah kenceng nangisnya? Udah ah, cup-cup). Ujar Rio lembut sambil mengelus-elus rambut Ify. Bingung juga dia kenapa Ify malah tambah kenceng nangisnya -.-  “ Maafin Rio ya?”
Permintaan maaf Rio membuat Ify terdiam lagi. Ify mengangkat kepalanya dari pundak Rio, lalu menatap Rio dengan mata yang sedikit bengkak. Rio membalas tatapan Ify dengan lembut.
”Untuk apa?” Tanya Ify lirih.
“Maaf karena Rio egois. Seharusnya Rio nemenin Ify di 3 hari terakhir Ify ada disini. Bukannya malah marah-marah dan ngejauhin Ify nggak jelas kayak gini.” “Maafin Rio ya, Fy?” Ucap Rio sambil menghapus sisa air mata diwajah ayu Ify. Ify hanya diam dan memeluk Rio semakin erat.
“Ify nggak marah kok. Ify cuman sedih aja. Sebentar lagi kan Ify nggak bisa lihat wajah Rio yang tengil ini.” Jawab Ify sambil terkekeh pelan.
Jawaban Ify yang terakhir itu malah membuat Rio tersenyum penuh arti.
“Tenang aja. Besok Ify bakal dapet kejutan yang sangat “WAHHH” dari Satrio Dimas yang ganteng tiada tara ini, haha :p . Kita lihat aja besok. Oke, nona Raifina Stasya Papadak? Hehe.” Jawab Rio sambil menyunggingkan senyum tengilnya kepada Ify. Dan Ify hanya bisa tertawa mendengar Rio memanggil nama lengkapnya dengan ekspresi yang jenaka.

*********************
                   Esok harinya Ify berangkat sekolah dengan perasaan yang was-was. Soalnya hasil survey membuktikan (?) bahwa ide-ide Rio itu cenderung gila dan kebanyakan malah bikin kacau.
“Muga-muga sing dimaksud Rio ora nyleneh.” (Semoga yang dimaksud Rio nggak yang aneh-aneh). Doa Ify dalam hati. Lalu Ify membuang semua fikiran negatifnya tentang Rio dan memantapkan hatinya untuk melanjutkan langkahnya menyusuri koridor sekolah.
                   Disisi lain Rio sedang sibuk menyiapkan kejutan untuk Ify. Rio memandangi hasil karyanya dan tersenyum puas.
“Okee. Semuanya siap diposisi masing-masing ya? Sebentar lagi si Ify akan datang!” Seru Rio member intruksi kepada teman-temannya. Dalam hati dia bergumam “Lo, pasti terkejut, Fy J .”


*********************

                   Ify kaget plus  bingung. Karena dia pikir dia akan disambut oleh ramainya celotehan khas ABG dari temen-temen sekelasnya. Tapi apa yang terjadi? Kelas itu malah tak berpnghuni satu orangpun alias kosong. Padahal jam tangan stich Ify telah menunjukkan pukul 07:15. Berarti seharusnya sudah masuk kan? Tapi kok, ini malah kosong? “Kemana para penghuni kelas yang rusuh itu?” Batin Ify bertanya-tanya.
Kemudian dia meneliti ruang kelas tersebut dengan jeli sekali lagi, siapa tahu ada temannya yang tidur dibangku belakang. Ternyata nihil. Ify menuju bangkunya, dia menemukan sebuah kertas yang bertuliskan :

~ IFY! Lo wajib pergi ke Aula atas sekarang juga. Oke.
SEKARANG! Kami tunggu J ~
-Rio-

Meskipun dalam hati masih bertanya-tanya, Ify tetap melangkahkan kakinya menuju aula atas. “Kenapa musti ning aula ndhuwur sih, ck.” (Kenapa harus di aula atas sih,ck.). Batin Ify berdecak kesal, pasalnya aula itu memang berada di lantai paling atas dan jarang sekali digunakan. Parahnya lagi kelas Ify itu berada di lantai dasar, sedangkan aulanya di lantai 4 -__-.
Lima belas menit kemudian Ify sampai di depan aula. Tetapi setelah sampai di depan aula tersebut  Ify merasa aneh dan sedikit ragu. Gimana nggak aneh, ruang aula yang biasanya terang benderang kini menjadi tempat yang amat sangat menyeramkan, gelap gulita. Tak ada satupun cahaya yang nampak di ruangan itu. Dengan sisa keberaniannya Ify memantapkan hatinya untuk segera memasuki aula.
                   Pintu sudah berhasil Ify buka, tapi masih sama. Di dalam ruangan itu juga masih gelap. Namun tiba-tiba dari kejauhan terlihat satu cahaya api menyala, kemudian diikuti nyala cahaya api lainnya. Ify terperangah begitu bisa melihat dengan jelas apa yang ada di hadapannya saat ini.
Disana Ify melihat Rio yang sedang tersenyum manis kearahnya. Rio duduk disebuah bangku  diatas panggung kecil yang berada di aula tersebut sambil memangku gitar putih. Disekeliling panggung itu juga ada Anin, Nindy, Dina, Riska, – teman dekatnya selain Rio  selama sekolah disini – dan juga teman-teman sekelasnya yang sedang berdiri mengelilingi Rio sambil membawa masing-masing satu lilin. Rio memulai menggenjreng gitarnya. Dan tanpa diintruksi lagi terdengar koor dari teman-teman yang menyadarkan Ify dari keterpanaanya tadi.
                  
JREEEENGGG……..
                  
                   Waktu terasa semakin berlalu
                   Tinggalkan cerita tentang kita
                   Akan tiada lagi kini tawamu
                   Tuk hapuskan semua, sepi dihati

                   Ada cerita tentang aku dan dia
                   Dan kita bersama, saat dulu kala
                   Ada cerita tentang masa yang indah
                   Saat kita berduka, saat kita tertawa

Rio meletakkan gitarnya kemudian mulai berdiri menghampiri Ify. Dirangkulnya Ify yang mulai menangis dengan penuh sayang, lalu Rio menuntun Ify keatas panggung. Terjadi keheningan sesaat. Rio mengelus lembut rambut Ify berusaha menenangkannya. Ditatapnya mata Ify dengan teduh dan diberikannya senyuman paling manis yang Rio punya. “ Jangan nangis .. “ Bisik Rio. Kemudian Rio mulai bersenandung lagi. Kali ini hanya suara merdu Rio yang terdengar.
                  
                   Teringat disaat kita tertawa bersama
                   Ceritakan semua tentang kita
                   Ada cerita tentang aku dan dia
                   Dan kita bersama, saat dulu kala
                   Ada cerita tentang masa yang indah
                   Saat kita berduka, saat kita tertawa
                  
“Makasih Rio..”
                   Suara serak gadis disampingnya membuat Rio menoleh. Ify mulai terisak lagi. Rio hanya membalas dengan senyum tipis. Kemudian direngkuhnya tubuh mungil gadis manis itu dengan erat. Ify mendongak keatas, menatap Rio yang juga sedang menatapnya.
“Ify pasti kesepian disana. Terus kabarin Ify lewat e-mail, facebook, twitter dan YM ya?” Pinta Ify dengan wajah sendunya yang sudah banjir dengan air mata.
“Hah? Cuman e-mail, facebook, twitter?  Ify minta sekardus bola ping-pong juga pasti Rio kirimin kok.” Sahut Rio sambil cengengesan. Hal itu membuat Ify manyun tapi kemudian dia tertawa dan memeluk Rio erat.
“Rio sahabat terbaik Ify yang pernah Ify punya. Makasih untuk semuanya. Ify sayang Rio.” Ify menatap lembut mata Rio, kemudian memeluknya sekali lagi. Rio hanya tersenyum.
“Ify juga sahabat Rio yang paling hebat, paling cantik, dan paling pecicilan pastinya. Hehe.” Jawab Rio yang langsung mendaratkan ciuman singkat dipipi Ify, dan juga semakin mempererat pelukannya. Ify mengangguk, dan mengambil gitar putih milik Rio yang berada disebelahnya.
“Iya, Ify juga mau nyanyi buat Rio. Pinjem gitarnya ya.” Pinta Ify. Rio tersenyum dan mengangguk.

JREEENG….
                   Waktu tlah tiba, Aku kan meninggalkan
                   Tinggalkan kamu, Tuk sementara
                   Kau dekap aku, kau bilang jangan pergi
                   Tapi ku hanya dapat berkata
                   Aku hanya pergi tuk sementara
                   Bukan tuk meninggalkanmu, selamanya
                   Aku pasti kan kembali pada dirimu
                   Tapi kau jangan nakal
                   Aku pasti kembali
Ify tersenyum kearah Rio, tatapannya tak pernah lepas dari manic mata Rio. Rio membalas senyum Ify kemudian cengar-cengir sendiri. Ckck Rio..Rioo x_x
                   Kau peluk aku, kau cium pipiku
                   Kau bilang janganlah ku pergi
                   Bujuk rayumu, buat hatiku sedih
                   Tapi kuhanya dapat berkata
                   Aku hanya pergi tuk sementara
                   Bukan tuk meninggalkanmu, selamanya
                   Aku pasti kan kembali pada dirimu
                   Tapi kau jangan nakal
                   Aku pasti kembali
                   Sebenernya Rio udah mau nangis dari Ify nyanyi di bait pertama, tapi dia nutupin itu dengan cengar-cengir nggak jelas gitu. Gengsi dong masa cowok, ketua ekskul PA nangis ? OMG. Tapi.. tapi Rio udah nggak kuat, rasanya pengen langsung meluk Ify. Rio masih nggak rela Ify pergi.
                   Pabila nanti, Kau rindukanku didekapmu
                   Tak perlu kau risaukan
                   Aku pasti kembali
Lagu berakhir. Saat itu juga Rio langsung memeluk Ify, mendekapnya seerat yang Rio bisa. Tanpa bisa dicegah lagi, air mata Rio mengalir dengan mulus dipipinya. Rio menenggelamkan wajahnya pundak ringkih Ify.
“Tolong jangan pergi Fy, jangan tinggalin Rio..” Bisik Rio tepat ditelinga Ify.
Ify tercengang. Rio? Seorang Satrio Aji Dimas menangis? Dan itu karena dirinya? Ya Tuhan rasanya ingin sekali Ify menyanggupi permintaan Rio untuk tetap tinggal. Tapi apa daya. Ayahnya telah mewanti-wanti Ify agar setelah UTS selesai Ify harus segera terbang ke Jepang. Dan juga kondisi sang Uti memang sudah sangat mengkhawatirkan. Ify bingung, Ify tak mau berpisah dengan Rio, tapi Eyang Putrinya? Akhirnya Ify hanya bisa menangis, lagi dan lagi menangis untuk kesekian kalinya.
“Maafin Ify, Rio. Ify nggak bisa. Nanti sore Ify udah harus berangkat. Rio mau ya nganter Ify ke bandara?” Jawab Ify sambil terisak.
“Jadi Ify tetap pergi?” Kata Rio memastikan. Ify mengangguk pelan. Rio memejamkan matanya sesaat sebelum menjawab, kemudian dia menghela nafas pelan. “Hhh, yaudah. Nanti Ify tunggu Rio di Ahmad Yani ya, jangan pergi sebelum Rio dateng.” Jawab Rio akhirnya.
                   Lagi-lagi Ify hanya bisa mengangguk pelan sambil memaksakan seulas senyum. Rio juga membalas senyum Ify dengan senyum hambar.

*********************
                   Sore ini Ify benar-benar akan berangkat ke Jepang. Dia sudah berada di bandara Ahmad Yani Semarang bersama Eyang Kakungnya dan juga Rio. Terdengar suara announcer yang sudah berkicau ria mengingatkan kepada para penumpang bahwa pesawat akan take-off 30 menit lagi.
Sebelum berangkat Rio meminta waktu kepada Ify untuk ngobrol sebentar. Ify mengangguk setuju. Kemudian mereka berjalan ke tempat yang tidak terlalu ramai.
“Fy, inget ya. Selalu kabarin Rio lewat e-mail, walaupun nantinya Ify punya sahabat baru disana.” Ujar Rio. Matanya menatap Ify lembut namun sarat akan keseriusan. Ify tersenyum lalu mengangguk mantap.
“Iya Yo. Ify akan kabarin Rio sesering mungkin. Meskipun Ify punya sahabat baru disana, Ify nggak akan lupain Rio. Satrio Dimas adalah sahabat Ify yang paling hebat, paling the best, paling tengil, dan paling ngangenin. Rio juga jangan lupa sama Ify ya?” jawab Ify sambil menahan butiran bening yang mendesak untuk keluar. Tapi toh akhirnya cairan bening itu meluruh juga. Ify memalingkan muka dan segera menghapus air matanya agar tak terlihat Rio.
“Rio nggak akan lupa sama Ify. Ify sahabat Rio yang paling baik, walaupun bawel. Ify yang paling ngertiin Rio saat Rio ada masalah. Rio berterima kasih sama Ify karena udah sabar ngadepin Rio yang kadang labil dan egois, Rio seneng Ify mau jadi sahabat Rio selama 3 tahun ini. “ Rio menghela nafas sebentar, mencoba mengusir sesak yang memenuhi dadanya. Dia tidak boleh menangis lagi.
“Fy… Ini kenang-kenangan dari Rio.” Kata Rio sambil menyerahkan iPod berwarna biru kepada Ify. “Ify bisa dengerin lagu ini kalau Ify kangen sama Rio. Rio captain lagu ini khusus untuk Ify. Di iPod ini juga banyak lagu-lagu favorit kita.” Kata Rio sambil menggenggam tangan Ify lembut. Ify balas menggenggam tangan Rio erat dan tersenyum haru.
“Makasih ya Yo. Setidaknya Ify masih bisa dengerin suara Rio lewat lagu ini. Ify pasti bakal kangen banget sama Rio, terutama sama tingkah tengilnya Rio. Makasih juga Rio udah captain lagu buat Ify dan mau nerima Ify jadi sahabat Rio selama Ify tinggal disini. “  Jawab Ify tersenyum kemudian memeluk Rio.
“Sama-sama Ify. Coba Ify dengerin lagu itu. Semoga Ify suka sama lagunya.” Ujar Rio dibalik pelukan Ify sambil mengelus rambut Ify lembut.
Ify menyalakan iPod birunya dan mulai mendengarkan lagu yang diciptakan Rio untuknya.

                   Berjanjilah wahai sahabatku..
                   Bila kau tinggalkan aku,
                   Tetaplah tersenyum
                   Meski hati sedih dan menangis
                   Ku ingin kau tetap tabah menghadapinya


                   Belum selesai Ify mendengarkan lagu itu, tiba-tiba Kakungnya memanggil Ify dan menyuruh Ify untuk segera bergegas karena pesawat yang ditumpangi mereka akan segera berangkat.
Rio hanya tersenyum tipis mendengar perkataan Eyang Kakung Ify tadi. Dan Rio hanya berkata kepada Ify,
Safe flight yah Fy. Kalau udah sampai jangan lupa telfon Rio.” Pinta Rio sambil memeluk Ify erat. Ifypun membalas pelukan Rio sambil menahan tangis. “Bye Fy, aku selalu sayang kamu…..lebih dari yang kamu ketahui.” Rio membatin. Miriss sekali.ckck
“Pasti. See you Rio… Tunggu Ify balik kesini lagi ya.” Ify tersenyum, memeluk Rio sekali lagi dan kemudian berlalu meninggalkan Rio. Sesekali Ify menoleh kebelakang dan melambaikan tangannya kepada Rio
                   Sebenarnya hati Rio sangat tidak rela melihat Ify pergi meninggalkannya. Beribu pertanyaan muncul dibenak Rio. “Gimana gue bisa lewatin hari-hari gue tanpa Ify? Bisakah gue terbiasa dengan keadaan seperti ini? Tapi gue sudah terbiasa kemana-mana bareng lo Ify. Dan sekarang saat waktunya lo untuk pergi, gue merasa ada yang hilang dari diri gue. Karena gue sayang sama lo, Raifina Stasya Papadak” Gumam Rio dalam hati sambil terus memandangi kepergian ‘sahabatnya’ yang semakin jauh melangkahkan kaki meninggalkannya.

*********************
                   Di dalam pesawat Ify kembali menyalakan iPod pemberian Rio. Ify me-replay ulang lagu ciptaan Rio untuknya yang tadi belum sempat didengarnnya secara keseluruhan.
                  

                   Bila kau harus pergi
                   Meninggalkan diriku…Jangan lupakan aku
                   Semoga dirimu disana, Kan baik-baik saja
                   Untuk selamanya
                   Disini aku kan selalu, Rindukan dirimu
                   Wahai sahabatku

Tak terasa butir air mata telah menetes dipipinya. Ia hanya tersenyum tipis mendengar alunan merdu lagu itu.

“Lagunya bagus, Yo. Gue suka, Gue suka, bahkan sangat suka. Gue janji akan selalu baik-baik saja. Dan gue akan selalu rindu sama lo, Rio. Tunggu gue pulang, Yo. Gue sayang lo, Rio J


                                   
Irma Meida S. Papadak @irmaaa_mei, RFM Semarang


                                               
********SELESAI********


Tidak ada komentar:

Posting Komentar